Natural Yeast Technique Atau Ragi Alami

 Natural Yeast Technique-Atau ragi dengan bahan dasar alami atau sering juga disebut dengan natural yeast ditemukan sekitar 300 SM secara tidak sengaja oleh pemuda Mesir yang lupa telah mendiamkan campuran air dan tepung yang kemudian berfementasi.






Mulai saat itu bangsa Mesir mengembangkan teknik dalam pembuatan ragi alami yang kemudian menyebar ke berbagai negara diperbatasan Mediteranian seperti di Yunani yang menggunakan teknik ragi alami dengan menggunakan buah anggur Faktor yang mendukung pembentukan ragi alami adalah wild yeast yang terdapat pada sayur, buah, umbi, serealia dan sejenisnya yang nantinya akan membantu proses fermentasi.





Pada dasarnya ragi alami terbagi dalam tiga jenis yaitu ragi segar (refreshed starter), ragi cair ( liquid starter), dan sourdough.
.
Jenis natural yeast lainnya adalah sourdough yang merupakan adonan biang terbuat dari campuran tepung, air dan bahan alami yang didiamkan atau difermentasi selama kurang lebih 7 hari sehingga menghasilkan adonan yang memiliki aroma dan rasa yang cenderung asam.




2 Komentar

  1. Menurut beberapa org pembuatan roti menggunakan natural yeast lebih lama, karena kita membuat yeast dulu baru adonan sehingga memakan banyak waktu jadi untuk beberapa org teknik ini tidak menguntungkan

    BalasHapus
  2. Salah satu materi dari bidang pastry bakery, dimana kita dapat mempelajari bagaimana membuat natural yeast. Prosesnya pembuat natural yeast sendiri cenderung lama, bisa memakan waktu 1 Minggu hingga 2 Minggu

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama