Special Food Plating-Tips Membuat Garnish Yang Bagus

Special Food Plating

Food plating, sebuah cara menata dan menyajikan makanan di atas piring dengan memerhatikan posisi serta komposisi dari makanan, agar terlihat lebih estetis memiliki cita rasa yang tinggi 😊

Saat kamu ingin belajar food plating, langkah sederhana yang perlu kamu lakukan adalah memilih wadah yang merepresentasikan hidangan. Pilihlah piring yang sesuai dengan fungsinya sehingga memudahkanmu menyajikan makanan. Misalnya, jika kamu menyajikan ikan bakar maka hidangkanlah fish plate. Jangan gunakan piring yang lain.


Tidak hanya itu, ukuran dari piring pun harus diperhatikan. Sebaiknya, ukuran piring sesuai dengan porsi hidangan sehingga terlihat presisi dan nggak meninggalkan banyak ruang kosong. Warna dari piring ada baiknya menggunakan warna putih biar tampilan garnish tampak menarik dan menggugah selera makan.

Hal yang paling menarik dari food plating adalah memberi hiasan atau dikenal sebagai garnish. Pemilihan garnish yang sesuai akan membuat tampilan hidanganmu menjadi naik kelas dan memberikan daya tarik tersendiri.

Dengan saus, selai, atau cokelat cair, kamu sudah bisa membentuk garnish yang sederhana tapi memikat. Misal, membentuk titik-titik atau garis pada piring yang tersedia. Kalau kamu sudah cukup mahir, kamu meningkat kemampuan memoles garnish-mu dengan menambahkan beberapa bahan lain seperti peterseli, oregano, cokelat batangan. stroberi, serpihan kacang, atau biskuit.


Tidak hanya mengandalkan garnish untuk mempercantik hidangan, kamu juga bisa memvariasikan bentuk hidangan menjadi sebuah hal yang indah atau melukiskan sebuah objek tertentu sehingga sedap dipandang. 

Bentuk hidangan yang bervariasi dan unik ini biasanya sering digunakan kala menyajikan hidangan untuk anak-anak. Penyajian yang menarik akan membuat anak-anak tertarik untuk mencobanya. Contohnya, sayur brokoli yang dipotong menyerupai hidung manusia atau wortel yang disusun berbaris biar tampak seperti rambut. Jadi, nggak terlihat membosankan. 



Itulah beberapa tips food plating yang bisa kamu jadikan panduan untuk mempercantik hidangan. Gimana tertarik untuk mencoba food plating, Bela? Yuk, praktikan langsung biar kamu makin mahir seperti chef profesional.
.
Monas Pacific culinary academy
Jl.bratang binangun 37, Surabaya
Telp: 031-5012118/5042488
Info WA : 085280008737
.
#surabaya #jawatimur #indonesia #education #sekolahkuliner #sekolahchef #akademichef #akademikuliner #kursusmasak #kursuspastry #kursusbakery

2 Komentar

  1. Salah satu kegiatan dalam dapur yang dapat menyalurkan ide atau kreativitas diri sendiri, Atau lebih tepatnya berekspresi dengan cara membuat platingan pada piring yg akan disajikan..

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama