Lontong Sayur by Chef Yulia

 


 ✨Hallo Sahabat Monas✨

Hay sahabat Monas semua perkenalkan namaku Yulia Putri Sinaga biasa dipanggil Yulia, berasal dari Medan, Sumatra Utara. Saat ini menjadi mahasiswa Akademi Kuliner Monas Pasifik, Surabaya.

Sobat monas apakah sudah ada yang pernah mencicipi lontong sayur medan belum nih? Lontong sayur Medan punya ciri khas bumbu tauco yang gurih harum, ditambah kecombrang yang juga segar rasanya yang dimana membuat lontong sayur ini komplit sedapnya.

Seperti racikan lontong sayur dari daerah lain, lontong sayur Medan merupakan perpaduan kuliner lokal dengan China. Makanya sayur gurih lontong Medan memakai bumbu tauco. Sebagai rasa bumbu lokal Batak, dipakai kecombrang atau rias dan tekokak. Karenanya sayur gurih lontong medan rasanya pedas, gurih, segar dengan aroma tauco dan kecombrang yang sedap.

Setidaknya ada 4 keistimewaan lontong Medan dibandingkan dengan lontong yang berasal dari daerah lainnya yaitu:

1. Sartika (sambal teri kacang)

Berbicara soal ikan mungil ini Medan memang rajanya. Teri Medan menjadi salah satu bahan masakan yang most wanted diantara bahan lainnya. Bahkan Presiden Jokowi sendiri kala kunjungannya ke Medan tak lupa membeli teri Medan sebagai salah satu oleh-oleh. Cita rasa teri Medan yang gurih memang sudah diakui oleh para pakar kuliner nusantara.

2. Sayur Tauco Medan

Satu lagi yang khas dari kota Medan adalah tauco. Salah satu olahan kacang kedelai fermentasi yang memiliki warna merah kecoklatan disertai aroma yang kuat. Cita rasanya yang sedikit asam, gurih dan segar sangat pas menjadi penyedap setiap hidangan berkuah. Kata tauco sendiri merupakan bahasa mandarin yaitu ‘tautjo’. Artinya tauco merupakan bahan masakan yang berasal dari Tiongkok. Tauco Medan menjadi salah satu bahan masakan yang sangat digemari oleh warga Medan.

3. Gulai labu siam/labu jipang

Labu jipang/labu siam merupakan sayur utama dalam hidangan lontong Medan. Sayuran hijau ini sering dijumpai sebagai salah satu lalapan bersama dengan pedasnya sambal terasi. Cara memasaknya pertama labu jipang diiris tipis-tipis (ada juga berbentuk kotak-kotak) bersama dengan potongan wortel. Kemudian dimasak bersama-sama dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah dan bawang putih yang digiling halus, jahe dan kunyit yang dihaluskan, daun salam beserta rempah-rempah lainnya. Tak lupa santan murni dicampurkan ke dalam sayuran tersebut dan dimasak bersama-sama.

4. Topping lezat yang beraneka ragam

Inilah yang menjadikan lontong Medan tak bosan-bosannya untuk dilahap setiap hari. Toppingnya yang bervariasi menjadi salah satu alasan kenapa lontong sayur Medan begitu istimewa. Ada bihun goreng, sambal keripik ubi tipis, keripik kentang, serundeng kelapa, kerupuk udang hingga bumbu rendang menjadi pilihan topping yang kelezatannya menyebabkan kawan semua tak mampu lagi berkata-kata.

Lontong Medan merupakan salah satu menu yang wajib untuk dicoba para pelancong dan kawan yang datang berkunjung. Makanan ini sudah menjadi hidangan sehari-hari warga Medan dengan rasanya yang lezat, namun harganya tetap bersahabat.

 

Ingin mendapatkan buku “Tribute to My Mom” secara cuma-cuma? Yuk follow dan tag 5 teman kamu, 3 orang yang beruntung akan mendapatkan buku “Tribute to My Mom” dari Monas Kuliner ✨.

Dapatkan discount 50% biaya pendaftaran early bird dan cash back jutaan rupiah untuk 10 pendaftar pertama.

Kelas baru terbuka untuk lulusan SMA, SMK maupun Pesantren, pendaftaran terakhir 05 Juli 2024. Yuk buruan mendaftar, kuota terbatas lho.

Informasi dan Pendaftaran :

🏛 Akademi Kuliner Monas Pasifik

📍Jl. Bratang Binangun 37, Surabaya

☎: 031-5012118/5042488

📞 WA : 089668023563

Lebih baru Lebih lama