Kreasi Wingko ala Chef El

 


Tahu gak Wingko berasal dari mana?

Wingko atau sering disebut juga Wingko babat adalah makanan tradisional khas Indonesia. Wingko merupakan sejenis kue yang terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan dan gula. Wingko sangat terkenal di pantai utara pulau Jawa.

Sekalipun dikenal sebagai oleh-oleh khas Semarang, asal usul wingko bermula di Lamongan, Jawa Timur tahun 1898. Dibuat oleh perantauan dari Tiongkok, Loe Soe Siang dan istrinya Djoa Kiet Nio kemudian diteruskan oleh anak dan cucu beliau. Tempat usaha mereka berada di kecamatan Babat, Lamongan, dari sini muncul penamaan wingko babat.

Wingko memberi sumbangsih berarti bagi pertumbuhan ekonomi Lamongan, banyak usaha pabrik maupun skala rumahan memproduksi wingko dan menyerap tenaga kerja. Kelapa yang digunakan juga diambil dari daerah sekitar.

Chef El, nama lengkapnya Eleazar Yeira Virginia asal Malang, Jawa Timur, Mahasiswi Akademi Kuliner Monas Pasifik Surabaya yang menyajkan kreasi wingko dalam buku resep terbitan Monas Kuliner, “Tribute to My Mom”.

Awalnya Chef El pesimis resep wingko sederhana yang diajukannya dapat lolos seleksi karena dianggapnya resep teman-teman lain lebih keren. Tapi para Dosen penyeleksi melihat hal yang berbeda, melalui resep anak muda ini diharapkan orang-orang akan lebih mengenal wingko dan ini menjadi bagian dari upaya melestarikan kudapan asli Nusantara.




Informasi dan Pendaftaran :

🏛 Akademi Kuliner Monas Pasifik

📍Jl. Bratang Binangun 37, Surabaya

☎: 031-5012118/5042488

📞 WA : 089668023563

Lebih baru Lebih lama