peluang kerja lulusan/sarjana tata boga

Salah satu jurusan kuliah/pendidika vokasi yang cukup banyak diminati adalah jurusan tata boga/kuliner/culinary . Jurusan ini tidak hanya belajar tentang cara pembuatan makanan, namun juga belajar penyajian dan menghiasnya agar terlihat cantik. Setelah lulus nanti, bagaimana peluang atau prospek kerja tata boga?

Lulusan SMK jurusan tata boga prospek kerjanya tidak jauh dengan pekerjaan pengolahan bahan makanan. Nah, apa saja prospek karir yang bisa diambil oleh Kamu yang lulusan tata boga? Berikut ini ada 10 prospek kerja jurusan tata boga yang bisa Kamu pilih.

1. Chef

Lulusan jurusan tata boga sangat mungkin menjadi seorang chef. Selama Kamu memiliki keahlian memasak yang baik, mimpi Kamu untuk menjadi chef profesional sangat mungkin bisa dicapai.
Gaji: mulai Rp3Juta.

2. Asisten Koki

Kalau Kamu merasa belum percaya diri untuk menjadi seorang chef profesional, Kamu bisa mendalami karir menjadi seorang asisten koki. Nantinya Kamu bisa belajar dengan koki profesional dan menyerap sebanyak-banyaknya ilmu dari mereka.
Gaji: mulai Rp3Juta.

3. Waiters Restoran Di Hotel

Jika Kamu tertarik untuk bekerja di hotel, Kamu bisa menjadi pelayan restoran di hotel. Peluang atau prospek kerja tata boga yang satu ini juga menjanjikan dan tugasnya pun relatif mudah.
Gaji: mulai Rp2juta.

4. Juru Masak Rumah Sakit

Lulusan jurusan tata boga juga bisa berkarir di dunia medis. Kamu bisa menjadi juru masak rumah sakit. Di sini, Kamu tidak hanya menjadi juru masak, namun juga perlu memperhatikan kandungan gizi dalam setiap bahan masakan.

5. Baker

Kamu juga bisa menjadi seorang baker. Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan untuk membuat kue dan menghiasnya.

6. Staff Catering

Peluang atau prospek kerja tata boga yang selanjutnya adalah menjadi staf catering. Kamu bisa bekerja di perusahaan catering dan menjadi staf di sana.

7. Barista

Tidak hanya berhubungan dengan makanan, Kamu juga bisa berkarir menjadi barista. Alih-alih berhubungan dengan makanan, pekerjaan Kamu akan berhubungan dengan meracik minuman.

8. Usaha Rumah Makan

Jika Kamu ingin menjadi seorang wirausaha, Kamu bisa membuka usaha rumah makan atau restoran.

9. Usaha Makanan Online

Kalau tempat yang Kamu miliki terbatas, Kamu bisa membuka usaha makanan online sehingga tidak perlu sewa tempat.

Nah, itulah 10 peluang atau prospek kerja tata boga yang bisa Kamu pilih. Kamu bisa bekerja di bawah naungan korporasi atau bisa juga memilih untuk membuka usaha sendiri. Apapun pilihanmu, jangan pernah lupa untuk mengembangkan kemampuan dan pengetahuan yang Kamu miliki.

2 Komentar

  1. Selama pariwisata berjalan, manusia membutuhkan makan peluang pekerjaan dalam bidang ini akan terus ada..

    BalasHapus
  2. Dapat disimpulkan bahwa belajar tata boga memiliki prospek pekerjaan yang luas, hal ini dikarenakan aneka macam kuliner dapat berkembang seiring berjalannya waktu. Juga dikarenakan makan adalah kebutuhan pokok, yang mana akan selalu dibutuhkan...sehingga industri kuliner pun terus berkembang dengan aneka macam produknya

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama